A. Konsep
Aplikasi
ini adalah sebuah permainan yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Game ini
disebut “Slot Machine”. Pada “Slot Machine” ini, variasi yang diberi ada dua,
yaitu angka “7” dan gambar buah-buahan. Game ini terdiri atas tiga form, dimana
form pertama adalah form “Welcome” untuk memulai permainan, form 2 adalah
“CASINO” dimana pengguna akan bermain, dan form 3 adalah “Exit”.
Cara memainkan game ini sangat mudah,
yaitu pengguna membuka aplikasi game “Slot Machine”, lalu klik “Start And
Win!”, dan selanjutnya pengguna cukup mengklik button “Start to Win” untuk
memulai proses pengacakan gambar dan angka. Dan jika pengguna merasa gambar
maupun angka yang akan muncul memiliki setidaknya dua gambar atau angka yang sama,
maka pengguna cukup mengklik button “Stop”. Jika terdapat dua gambar atau dua
angka yang sama, maka akan muncul message box yang mengatakan “CONGRULATION”
dan pengguna akan diminta apakah ingin bermain lagi atau tidak. Jika tidak
terdapat dua gambar maupun dua angka yang sama, maka pengguna diberi kesempatan
untuk mengulang kembali permainan sebanyak dua kali lagi kesempatan. Jika
setelah dua kesempatan tersebut pengguna belum juga berhasil, maka akan muncul
message box yang mengatakn “You lost” dan pengguna akan ditanya apakah masih
ingin bermain atau tidak. Jika pengguna masih ingin bermain, pengguna cukup
mengklik button “Play Again” maka permainan akan diulang kembali. Jika tidak,
maka pengguna cukup mengklik button “Exit” maka permainan akan berhenti.
Demikianlah
konsep penggunaan aplikasi permainan ini.
B. ANALISIS
APLIKASI GAME SLOT MACHINE
1. Cara Menampilkan Form Welcome
Cara
membuat display form welcome:
1.
Buka form baru dengan mengeklik New
Project, lalu pilih Windows Form Project ketika VB10 baru dibuka.
2.
Pilihlah gambar yang diinginkan untuk
menjadi background pada form. Caranya dengan memilih gambar di kotak
Properties, di bagian BackgroundImage.
3.
Tulisan judul form, beserta icon nya
diujung kiri atas, dapat di ganti di kolom Text dan Icon pada kotak Properties.
4.
Tombol “START AND WIN” bisa dibuat dengan
menggunakan tools Button, pada toolbox. Dan tulisannya bisa dimasukkan di kolom
Text pada kotak Properties. Sedangkan font nya bisa diubah di kolom Font pada
kotak Properties.
Komponen
toolbox yang digunakan :
Form
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form1
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
Welcome
|
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
START
AND WIN!
|
Listing
yang digunakan :
Public Class Form1
Private
Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Me.Hide()
Form2.Show()
End Sub
Listing di atas
berguna jika button1 diklik, maka form “Welcome” ini akan disembunyikan dan
form selanjutnya (form 2) akan muncul.
Private
Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles MyBase.Load
End Sub
End Class
2. Cara Membuat Form CASINO
Cara
membuat display form casino:
1.
Buka
form baru dengan mengeklik Add Windows Form pada menu Project.
2.
Pilihlah gambar yang diinginkan untuk
menjadi background pada form. Caranya dengan memilih gambar di kotak
Properties, di bagian BackgroundImage.
3.
Tulisan
judul form, beserta icon nya diujung kiri atas, dapat di ganti di kolom Text
dan Icon pada kotak Properties.
4.
Untuk
3 gambar ditengah, sediakan 3 buah PictureBox yang bisa diambil dari kotak
ToolBox. Lalu ambil tool ImageList dari kotak ToolBox, fungsinya adalah untuk
mengisikan daftar gambar yang ingin diisikan pada 3 PictureBox yang kosong
tadi.
5.
Gunakan
Picturebox dan TextBox untuk memunculkan jatah nyawa dan mati berapa kali.
6.
Gunakan
Button pada kotak ToolBox untuk membuat tombol “START TO WIN” dan tulisannya
bisa dimasukkan di kolom Text kotak Properties, dan jenis tulisan bisa di ganti
di kolom Font dan Forecolor untuk warnanya. Sedangkan warna
dasarnya bisa diubah di kolom BackColor.
7.
Untuk tombol “STOP” bisa digunakan
OvalShape pada ToolBox dan Label untuk tulisannya. Memberi warna dasar bisa
gunakan kolom BackColor pada Properties, dan BorderColor untuk warna border.
Untuk tulisan “STOP”, gunakan BackColor dan Text untuk mengisi teksnya, lalu
bisa menggunakan ForeColor untuk warna tulisan.
Komponen
toolbox yang digunakan :
Form
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form2
|
Form2
|
Name
Text
|
Form2
CASINO
|
|
Picturebox1
|
Name
Text
|
Picturebox1
|
|
Picturebox2
|
Name
Text
|
Picturebox2
|
|
Picturebox3
|
Name
Text
|
Picturebox3
|
|
Picturebox4
|
Name
Text
|
Picturebox4
|
|
Picturebox5
|
Name
Text
|
Picturebox5
|
|
Textbox1
|
Name
Text
|
Textbox1
|
|
Textbox2
|
Name
Text
|
Textbox2
|
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
START
TO WIN!
|
|
Ovalshape1
|
Name
Text
|
Ovalshape1
|
|
Label2
|
Name
Text
|
Label2
|
|
Label4
|
Name
Text
|
Label4
STOP
|
|
Timer1
|
Name
Text
|
Timer
|
|
Imagelist1
|
Name
Text
|
Imagelist1
|
|
Shapecontainer1
|
Name
Text
|
Shapecontainer1
|
Listing
yang digunakan :
Public Class Form2
Dim m,
n1, n2, n3 As Integer
Dim life
As Integer
Listing di atas berguna untuk mendeklarasikan nilai-nilai yang diinput menjadi bilangan bulat.
Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object,
ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
m = m
+ 1
If m
< 1000 Then
n1 = Int(1 + Rnd() * 8)
n2 = Int(1 + Rnd() * 8)
n3 = Int(1 + Rnd() * 8)
Select Case n1
Case 1
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(4)
Case 6
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(5)
Case 7
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(6)
Case 8
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(7)
End Select
Select Case n2
Case 1
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(4)
Case 6
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(5)
Case 7
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(6)
Case 8
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(7)
End Select
Select Case n3
Case 1
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(4)
Case 6
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(5)
Case 7
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(6)
Case 8
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(7)
End Select
End
If
End Sub
Listing di atas
berguna untuk perhitungan acak baik gambar maupun angka sesuai rumus yang ada.
Listing di atas juga berguna untuk memberi penomoran pada setiap gambar, jika
angka yang pada gambar tersebut terpanggil, maka gambar tersebut akan muncul
pada layar.
Private
Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Static counter, life As Integer
counter = counter + 1
life
= 3 - counter
TextBox1.Text = counter
TextBox2.Text = life
If
TextBox1.Text = "" Then
TextBox1.Text = ""
TextBox2.Text = "2"
counter = ("0")
End
If
Timer1.Enabled = True
PictureBox1.Visible = True
PictureBox2.Visible = True
PictureBox3.Visible = True
End Sub
Listing di atas
berguna jika button1 (START TO WIN!) diklik, maka akan dilakukan proses acak
sesuai dengan rumus yang ada. Juga akan dilakukan proses perhitungan batas
pengguna memainkan permainan dalam satu ronde dan proses perhitungan jumlah
langkah yang telah digunakan pengguna untuk mendapatkan minimal 2 gambar atau
angka yang sama.
Private
Sub OvalShape1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles OvalShape1.Click
Timer1.Enabled = False
If
(n1 = n2) Or (n1 = n3) Or (n2 = n3) Then
MsgBox("CONGRATULATION!")
Me.Hide()
Form3.Show()
ElseIf TextBox2.Text <= 0 Then
MessageBox.Show("sorry, You lost! ")
Me.Hide()
Form3.Show()
End
If
End Sub
Listing di atas
berguna jika pengguna mengklik ovalshape1, jika saat berhenti terdapat dua
gambar atau dua angka yang sama, maka akan muncul messagebox “CONGRULATION!”
dan form ini akan disembunyikan dan form selanjutnya (form3) akan muncul.
Namun, jika saat berhenti tidak terdapat dua gambar atau angka yang sama, maka
pengguna akan diberi kesempatan untuk mengulang permainan kembali. Hal ini akan
berlaku sebanyak tiga kali. Jika pada kesempatan terakhir pengguna belum juga
berhasil, maka messagebox “Sorry, you lost!” akan muncul dan form ini akan
disembunyikan dan form3 akan muncul.
Private
Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles MyBase.Load
End Sub
End Class
1. Cara Membuat Form Play Again
Cara
menampilkan Form Play Again:
1.
Buka
form baru dengan mengeklik Add Windows Form pada menu Project.
2.
Pilihlah gambar yang diinginkan untuk
menjadi background pada form. Caranya dengan memilih gambar di kotak
Properties, di bagian BackgroundImage.
3.
Tulisan
judul form, beserta icon nya diujung kiri atas, dapat di ganti di kolom Text
dan Icon pada kotak Properties.
4.
Tombol “EXIT” dan “PLAY AGAIN” bisa
dibuat dengan menggunakan tools Button, pada toolbox. Dan tulisannya bisa
dimasukkan di kolom Text pada kotak Properties. Sedangkan font nya bisa diubah
di kolom Font pada kotak Properties.
Komponen
toolbox yang digunakan :
Form
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form3
|
Form3
|
Name
Text
|
Form3
Play
Again
|
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
PLAY
AGAIN
|
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
EXIT
|
Listing
yang digunakan :
Public Class Form3
Dim
Response As MsgBoxResult
Dim life
As Integer
Private
Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form2.Show()
Me.Close()
End Sub
Listing
di atas berguna jika pengguna mengklik button1 (PLAY AGAIN) maka form ini akan
disembunyikan dan form sebelumnya (form CASINO) akan muncul kembali.
Private
Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Response = MsgBox("Do you want to Exit?", vbYesNo,
"Exit")
If
Response = vbYes Then
Form1.Close()
Else
'do nothing
End
If
End Sub
Listing
di atas berguna jika pengguna mengklik button2 (EXIT), maka akan muncul
messagebox “Do you want to Exit?”. Jika pengguna mengklik “Yes” maka aplikasi
ini akan tertutup. Namun jika pengguna mengklik “No”, maka aplikasi ini tidak
akan tertutup.
End Class
0 Response to "Konsep, Analisis, dan Flowchart Aplikasi Slot Machine"
Posting Komentar