Konsep, Analisis, dan Flowchart Aplikasi Slot Machine

A. Konsep




Aplikasi ini adalah sebuah permainan yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Game ini disebut “Slot Machine”. Pada “Slot Machine” ini, variasi yang diberi ada dua, yaitu angka “7” dan gambar buah-buahan. Game ini terdiri atas tiga form, dimana form pertama adalah form “Welcome” untuk memulai permainan, form 2 adalah “CASINO” dimana pengguna akan bermain, dan form 3 adalah “Exit”.

Cara memainkan game ini sangat mudah, yaitu pengguna membuka aplikasi game “Slot Machine”, lalu klik “Start And Win!”, dan selanjutnya pengguna cukup mengklik button “Start to Win” untuk memulai proses pengacakan gambar dan angka. Dan jika pengguna merasa gambar maupun angka yang akan muncul memiliki setidaknya dua gambar atau angka yang sama, maka pengguna cukup mengklik button “Stop”. Jika terdapat dua gambar atau dua angka yang sama, maka akan muncul message box yang mengatakan “CONGRULATION” dan pengguna akan diminta apakah ingin bermain lagi atau tidak. Jika tidak terdapat dua gambar maupun dua angka yang sama, maka pengguna diberi kesempatan untuk mengulang kembali permainan sebanyak dua kali lagi kesempatan. Jika setelah dua kesempatan tersebut pengguna belum juga berhasil, maka akan muncul message box yang mengatakn “You lost” dan pengguna akan ditanya apakah masih ingin bermain atau tidak. Jika pengguna masih ingin bermain, pengguna cukup mengklik button “Play Again” maka permainan akan diulang kembali. Jika tidak, maka pengguna cukup mengklik button “Exit” maka permainan akan berhenti.
Demikianlah konsep penggunaan aplikasi permainan ini.

B. ANALISIS APLIKASI GAME SLOT MACHINE

1. Cara Menampilkan Form Welcome
Cara membuat display form welcome:
1.      Buka form baru dengan mengeklik New Project, lalu pilih Windows Form Project ketika VB10 baru dibuka.
2.      Pilihlah gambar yang diinginkan untuk menjadi background pada form. Caranya dengan memilih gambar di kotak Properties, di bagian BackgroundImage.
3.      Tulisan judul form, beserta icon nya diujung kiri atas, dapat di ganti di kolom Text dan Icon pada kotak Properties.
4.      Tombol “START AND WIN” bisa dibuat dengan menggunakan tools Button, pada toolbox. Dan tulisannya bisa dimasukkan di kolom Text pada kotak Properties. Sedangkan font nya bisa diubah di kolom Font pada kotak Properties. 


Komponen toolbox yang digunakan :
Form
Komponen
Properties
Keterangan
Form1
Form1
Name
Text
Form1
Welcome

Button1
Name
Text
Button1
START AND WIN!

Listing yang digunakan :
Public Class Form1

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Me.Hide()
        Form2.Show()
    End Sub

Listing di atas berguna jika button1 diklik, maka form “Welcome” ini akan disembunyikan dan form selanjutnya (form 2) akan muncul.

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub
End Class


2.      Cara Membuat Form CASINO
   




Cara membuat display form casino:
1.      Buka form baru dengan mengeklik Add Windows Form pada menu Project.
2.      Pilihlah gambar yang diinginkan untuk menjadi background pada form. Caranya dengan memilih gambar di kotak Properties, di bagian BackgroundImage.
3.      Tulisan judul form, beserta icon nya diujung kiri atas, dapat di ganti di kolom Text dan Icon pada kotak Properties.
4.      Untuk 3 gambar ditengah, sediakan 3 buah PictureBox yang bisa diambil dari kotak ToolBox. Lalu ambil tool ImageList dari kotak ToolBox, fungsinya adalah untuk mengisikan daftar gambar yang ingin diisikan pada 3 PictureBox yang kosong tadi.
5.      Gunakan Picturebox dan TextBox untuk memunculkan jatah nyawa dan mati berapa kali.
6.      Gunakan Button pada kotak ToolBox untuk membuat tombol “START TO WIN” dan tulisannya bisa dimasukkan di kolom Text kotak Properties, dan jenis tulisan bisa di ganti di kolom Font dan Forecolor untuk warnanya. Sedangkan warna dasarnya bisa diubah di kolom BackColor.
7.      Untuk tombol “STOP” bisa digunakan OvalShape pada ToolBox dan Label untuk tulisannya. Memberi warna dasar bisa gunakan kolom BackColor pada Properties, dan BorderColor untuk warna border. Untuk tulisan “STOP”, gunakan BackColor dan Text untuk mengisi teksnya, lalu bisa menggunakan ForeColor untuk warna tulisan.

 


Komponen toolbox yang digunakan :
Form
Komponen
Properties
Keterangan
Form2
Form2
Name
Text
Form2
CASINO

Picturebox1
Name
Text
Picturebox1

Picturebox2
Name
Text
Picturebox2

Picturebox3
Name
Text
Picturebox3

Picturebox4
Name
Text
Picturebox4

Picturebox5
Name
Text
Picturebox5

Textbox1
Name
Text
Textbox1

Textbox2
Name
Text
Textbox2

Button1
Name
Text
Button1
START TO WIN!

Ovalshape1
Name
Text
Ovalshape1

Label2
Name
Text
Label2

Label4
Name
Text
Label4
STOP

Timer1
Name
Text
Timer

Imagelist1
Name
Text
Imagelist1

Shapecontainer1
Name
Text
Shapecontainer1

Listing yang digunakan :
Public Class Form2

    Dim m, n1, n2, n3 As Integer
    Dim life As Integer

Listing di atas berguna untuk mendeklarasikan nilai-nilai yang diinput menjadi bilangan bulat.

    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        m = m + 1
        If m < 1000 Then
            n1 = Int(1 + Rnd() * 8)
            n2 = Int(1 + Rnd() * 8)
            n3 = Int(1 + Rnd() * 8)
            Select Case n1
                Case 1
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(0)
                Case 2
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(1)
                Case 3
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(2)
                Case 4
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(3)
                Case 5
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(4)
                Case 6
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(5)
                Case 7
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(6)
                Case 8
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(7)
            End Select
            Select Case n2
                Case 1
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(0)
                Case 2
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(1)
                Case 3
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(2)
                Case 4
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(3)
                Case 5
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(4)
                Case 6
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(5)
                Case 7
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(6)
                Case 8
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(7)
            End Select
            Select Case n3
                Case 1
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(0)
                Case 2
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(1)
                Case 3
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(2)
                Case 4
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(3)
                Case 5
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(4)
                Case 6
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(5)
                Case 7
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(6)
                Case 8
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(7)
            End Select
        End If
    End Sub

Listing di atas berguna untuk perhitungan acak baik gambar maupun angka sesuai rumus yang ada. Listing di atas juga berguna untuk memberi penomoran pada setiap gambar, jika angka yang pada gambar tersebut terpanggil, maka gambar tersebut akan muncul pada layar.

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Static counter, life As Integer
        counter = counter + 1
        life = 3 - counter
        TextBox1.Text = counter
        TextBox2.Text = life
        If TextBox1.Text = "" Then
            TextBox1.Text = ""
            TextBox2.Text = "2"
            counter = ("0")
        End If
        Timer1.Enabled = True
        PictureBox1.Visible = True
        PictureBox2.Visible = True
        PictureBox3.Visible = True
    End Sub

Listing di atas berguna jika button1 (START TO WIN!) diklik, maka akan dilakukan proses acak sesuai dengan rumus yang ada. Juga akan dilakukan proses perhitungan batas pengguna memainkan permainan dalam satu ronde dan proses perhitungan jumlah langkah yang telah digunakan pengguna untuk mendapatkan minimal 2 gambar atau angka yang sama.

    Private Sub OvalShape1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles OvalShape1.Click
        Timer1.Enabled = False
        If (n1 = n2) Or (n1 = n3) Or (n2 = n3) Then
            MsgBox("CONGRATULATION!")
            Me.Hide()
            Form3.Show()
        ElseIf TextBox2.Text <= 0 Then
            MessageBox.Show("sorry, You lost! ")
            Me.Hide()
            Form3.Show()
        End If
    End Sub

Listing di atas berguna jika pengguna mengklik ovalshape1, jika saat berhenti terdapat dua gambar atau dua angka yang sama, maka akan muncul messagebox “CONGRULATION!” dan form ini akan disembunyikan dan form selanjutnya (form3) akan muncul. Namun, jika saat berhenti tidak terdapat dua gambar atau angka yang sama, maka pengguna akan diberi kesempatan untuk mengulang permainan kembali. Hal ini akan berlaku sebanyak tiga kali. Jika pada kesempatan terakhir pengguna belum juga berhasil, maka messagebox “Sorry, you lost!” akan muncul dan form ini akan disembunyikan dan form3 akan muncul.

    Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub
End Class


1.      Cara Membuat Form Play Again





Cara menampilkan Form Play Again:
1.      Buka form baru dengan mengeklik Add Windows Form pada menu Project.
2.      Pilihlah gambar yang diinginkan untuk menjadi background pada form. Caranya dengan memilih gambar di kotak Properties, di bagian BackgroundImage.
3.      Tulisan judul form, beserta icon nya diujung kiri atas, dapat di ganti di kolom Text dan Icon pada kotak Properties.
4.      Tombol “EXIT” dan “PLAY AGAIN” bisa dibuat dengan menggunakan tools Button, pada toolbox. Dan tulisannya bisa dimasukkan di kolom Text pada kotak Properties. Sedangkan font nya bisa diubah di kolom Font pada kotak Properties. 

Komponen toolbox yang digunakan :
Form
Komponen
Properties
Keterangan
Form3
Form3
Name
Text
Form3
Play Again

Button1
Name
Text
Button1
PLAY AGAIN

Button2
Name
Text
Button2
EXIT

Listing yang digunakan :
Public Class Form3

    Dim Response As MsgBoxResult
    Dim life As Integer
    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
        Me.Close()
    End Sub

Listing di atas berguna jika pengguna mengklik button1 (PLAY AGAIN) maka form ini akan disembunyikan dan form sebelumnya (form CASINO) akan muncul kembali.

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Response = MsgBox("Do you want to Exit?", vbYesNo, "Exit")
        If Response = vbYes Then
            Form1.Close()
        Else 'do nothing
        End If
    End Sub

Listing di atas berguna jika pengguna mengklik button2 (EXIT), maka akan muncul messagebox “Do you want to Exit?”. Jika pengguna mengklik “Yes” maka aplikasi ini akan tertutup. Namun jika pengguna mengklik “No”, maka aplikasi ini tidak akan tertutup.

End Class

  C. FLOWCHART
 

0 Response to "Konsep, Analisis, dan Flowchart Aplikasi Slot Machine"

Posting Komentar