A. KONSEP
APLIKASI GAME PUZZLE
Aplikasi ini
adalah sebuah permainan yang sudah terkenal di masyarakat. Aplikasi game ini dinamakan “Puzzles”. Aplikasi ini hanya
terdiri dari satu form saja. Cara kerja game ini adalah menyusun kembali urutan
angka-angka yang telah diacak sesuai dengan urutan yang benar.
Cara
menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Begitu pengguna membuka aplikasi ini,
maka form “Puzzles” akan muncul. Pengguna dapat langsung memainkan game
tersebut dengan mengklik button “Acak”. Button “Acak” berfungsi untuk mengacak
letak nomor menjadi tidak teratur. Selanjutnya, pengguna
mengklik button “Stop” untuk menghentikan proses acak letak angka. Selanjutnya,
pengguna mulai menyusun urutan angka-angka yang telah diacak dengan benar.
Pengguna cukup mengklik salah satu button angka yang ada di samping button yang
kosong (tidak memiliki angka). Jika pengguna ingin keluar dari game ini, maka
pengguna dapat mengklik button “Exit”. Jika pengguna ingin mengganti susunan
acak yang telah ada, pengguna cukup mengklik button “Acak” lalu “Stop”.
1.
Cara menampilkan welcome form
Cara membuat
display form Jumbled Number :
1. Bukalah
program Visual Basic 2010.
2. Setelah
Visual Basic 2010 dibuka, maka otomatis akan muncul satu form baru yang belum
berisi.
3. Pilihlah
Label pada kotak “Toolbox” dan kliklah pada ujung kiri atas form. Lalu pada
“Text” ketik “WELCOME”. Pada “Font”, ubahlah ukuran dan jenis huruf sesuai
dengan yang diinginkan.
4. Untuk
mengubah background form, klik form tersebut, pada “Properties” bagian “BackgroundImage”
pilihlah salah satu gambar dari folder computer sesuai dengan yang pengguna
inginkan.
5. Untuk
mengubah icon, pada “Properties”
bagian icon pilihlah salah satu
gambar dengan ekstensi .ico.
6. Untuk
membuat button “Let’s Play”, pada “Toolbox” pilihlah Button, arahkan dan klik kursor ke bagian ujung kanan bawah
form. Pada “Properties” bagian Text ketik “Let’s Play” dan pada “Font” ubahlah
ukuran dan jenis huruf sesuai dengan yang diinginkan.
7. Untuk
menjalankan form ini, masukkanlah listing yang ada di bawah ini sesuai dengan
button yang telah ditentukan.
Komponen toolbox yang digunakan:
Form
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form2
|
Form2
|
Name
Text
|
Form2
Jumbled Text
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
WELCOME
|
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Let’s Play
|
Public Class Form2
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Me.Hide()
Form1.Show()
End Sub
End Class
Listing di atas berguna jika button1 diklik, maka form
“Welcome” ini akan disembunyikan dan form selanjutnya (form 2) akan muncul.
2.
Cara membuat form game
Cara menampilkan display form
Puzzles :
1.
Pada menu “Project” pilihlah Add Windows Form. Lalu, pilih Windows Form dan klik Add.
2.
Pada
form2, pilihlah button pada “Toolbox” dan posisikan sesuai dengan gambar.
Lakukan hal sebanyak 12 kali.
3.
Pada
button1 ketik “1”, button2 ketik “2”, button3 ketik “3”, button4 ketik “4”,
button5 ketik “5”, button6 ketik “6”, button7 ketik “7”, button8 ketik “8”,
button10 ketik “Acak”, button11 ketik “Stop”, dan pada button12 ketik “Exit”. Khusus
pada button9 kosongkan teks.
4. Untuk
mengubah background form, klik form tersebut, pada “Properties” bagian “BackgroundImage”
pilihlah salah satu gambar dari folder computer sesuai dengan yang pengguna
inginkan.
5. Untuk
mengubah icon, pada “Properties”
bagian icon pilihlah salah satu
gambar dengan ekstensi .ico.
6.
Untuk
menjalankan fungsi-fungsi setiap button, masukkanlah listing berikut sesuai
dengan button yang benar.
Komponen toolbox yang digunakan:
Form
3
|
Form3
|
Name
Text
|
Form3
Puzzles
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
1
|
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
2
|
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
3
|
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
4
|
|
Button5
|
Name
Text
|
Button5
5
|
|
Button6
|
Name
Text
|
Button6
6
|
|
Button7
|
Name
Text
|
Button7
7
|
|
Button8
|
Name
Text
|
Button8
8
|
|
Button9
|
Name
Text
|
Button9
9
|
|
Button10
|
Name
Text
|
Button10
Acak
|
|
Button11
|
Name
Text
|
Button11
Stop
|
|
Button12
|
Name
Text
|
Button12
Exit
|
Public Class Form1
Dim place, stp As String
Dim acak As Integer
Dim Second As Integer
Listing di atas berguna untuk
mendeklarasikan nilai-nilai yang diinput menjadi bentuk string (String), dan
bilangan bulat (Integer).
Private Sub Button10_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button10.Click
Timer1.enabled = True
acak = Rnd() * 10
End Sub
Listing
diatas berfungsi untuk mengacak nomor yang ada di dalam kotak kotak button.
Private Sub
Button11_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button11.Click
Timer1.Enabled = False
End Sub
Listing diatas berfungsi untuk menghentikan
pengacakan nomor yang sedang berlangsung.
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
If Button2.Text = "" Then
place = Button1.Text
Button1.Text = Button2.Text
Button2.Text = place
ElseIf Button4.Text = "" Then
place = Button1.Text
Button1.Text = Button4.Text
Button4.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
If Button1.Text = "" Then
place = Button2.Text
Button2.Text = Button1.Text
Button1.Text = place
ElseIf Button3.Text = "" Then
place = Button2.Text
Button2.Text = Button3.Text
Button3.Text = place
ElseIf Button5.Text = "" Then
place = Button5.Text
Button5.Text = Button2.Text
Button2.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
If Button2.Text = "" Then
place = Button3.Text
Button3.Text = Button2.Text
Button2.Text = place
ElseIf Button6.Text = "" Then
place = Button3.Text
Button3.Text = Button6.Text
Button6.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If Button1.Text = "" Then
place = Button4.Text
Button4.Text = Button1.Text
Button1.Text = place
ElseIf Button5.Text = "" Then
place = Button4.Text
Button4.Text = Button5.Text
Button5.Text = place
ElseIf Button7.Text = "" Then
place = Button4.Text
Button4.Text = Button7.Text
Button7.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button5.Click
If Button2.Text = "" Then
place = Button5.Text
Button5.Text = Button2.Text
Button2.Text = place
ElseIf Button4.Text = "" Then
place = Button5.Text
Button5.Text = Button4.Text
Button4.Text = place
ElseIf Button6.Text = "" Then
place = Button5.Text
Button5.Text = Button6.Text
Button6.Text = place
ElseIf Button8.Text = "" Then
place = Button5.Text
Button5.Text = Button8.Text
Button8.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button6.Click
If Button3.Text = "" Then
place = Button6.Text
Button6.Text = Button3.Text
Button3.Text = place
ElseIf Button5.Text = "" Then
place = Button6.Text
Button6.Text = Button5.Text
Button5.Text = place
ElseIf Button9.Text = "" Then
place = Button6.Text
Button6.Text = Button9.Text
Button9.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button7.Click
If Button4.Text = "" Then
place = Button7.Text
Button7.Text = Button4.Text
Button4.Text = place
ElseIf Button8.Text = "" Then
place = Button7.Text
Button7.Text = Button8.Text
Button8.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button8.Click
If Button7.Text = "" Then
place = Button8.Text
Button8.Text = Button7.Text
Button7.Text = place
ElseIf Button5.Text = "" Then
place = Button8.Text
Button8.Text = Button5.Text
Button5.Text = place
ElseIf Button9.Text = "" Then
place = Button8.Text
Button8.Text = Button9.Text
Button9.Text = place
End If
End Sub
Private Sub
Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button9.Click
If Button6.Text = "" Then
place = Button9.Text
Button9.Text = Button6.Text
Button6.Text = place
ElseIf Button8.Text = "" Then
place = Button9.Text
Button9.Text = Button8.Text
Button8.Text = place
If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" Then
MessageBox.Show("Congrulation")
End If
Listing di atas (Button9) berguna jika button-button yang lain telah sesuai dengan urutan teks yang ada (1-8), maka akan muncul messagebox yang mengatakan "Congrulation".
MessageBox.Show("Congrulation")
End If
Listing di atas (Button9) berguna jika button-button yang lain telah sesuai dengan urutan teks yang ada (1-8), maka akan muncul messagebox yang mengatakan "Congrulation".
End If
End Sub
Private Sub
Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
place = Button9.Text
Button9.Text = Button4.Text
Button4.Text = place
place = Button9.Text
Button9.Text = Button3.Text
Button3.Text = place
place = Button2.Text
Button2.Text = Button7.Text
Button7.Text = place
place = Button2.Text
Button2.Text = Button6.Text
Button6.Text = place
place = Button3.Text
Button3.Text = Button8.Text
Button8.Text = place
place = Button3.Text
Button3.Text = Button1.Text
Button1.Text = place
place = Button5.Text
Button5.Text = Button8.Text
Button8.Text = place
place = Button5.Text
Button5.Text = Button7.Text
Button7.Text = place
place = Button6.Text
Button6.Text = Button1.Text
Button1.Text = place
End Sub
Listing
diatas berfungsi untuk memfungsikan button1 – button 9 supaya dapat berpindah
ketika di ‘klik’ sesuai yang diinginkan.
Private Sub
Button12_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button12.Click
Response = MsgBox("Do you want to
Exit?", vbYesNo, "Exit")
If Response = vbYes Then
Me.Hide()
Else 'do nothing
End If
End Sub
Listing
diatas berfungsi untuk memunculkan message box “do you want to exit?” ketika
mengeklik “exit”. dan jika pengguna mengklik "Yes", maka aplikasi akan ditutup. namun, jika pengguna mengklik "No", maka aplikasi tidak akan tertutup dan pengguna dapat bermain kembali.
Private Sub
Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
End Sub
End Class
C. Flowchart
0 Response to "Konsep, Analisis, dan Flowchart Aplikasi Jumbled Number"
Posting Komentar