Konsep, Analisis, dan Flowchart Aplikasi Jumbled Number




A. KONSEP APLIKASI GAME PUZZLE
 


Aplikasi ini adalah sebuah permainan yang sudah terkenal di masyarakat. Aplikasi game ini dinamakan “Puzzles”. Aplikasi ini hanya terdiri dari satu form saja. Cara kerja game ini adalah menyusun kembali urutan angka-angka yang telah diacak sesuai dengan urutan yang benar.

          Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Begitu pengguna membuka aplikasi ini, maka form “Puzzles” akan muncul. Pengguna dapat langsung memainkan game tersebut dengan mengklik button “Acak”. Button “Acak” berfungsi untuk mengacak letak nomor menjadi tidak teratur. Selanjutnya, pengguna mengklik button “Stop” untuk menghentikan proses acak letak angka. Selanjutnya, pengguna mulai menyusun urutan angka-angka yang telah diacak dengan benar. Pengguna cukup mengklik salah satu button angka yang ada di samping button yang kosong (tidak memiliki angka). Jika pengguna ingin keluar dari game ini, maka pengguna dapat mengklik button “Exit”. Jika pengguna ingin mengganti susunan acak yang telah ada, pengguna cukup mengklik button “Acak” lalu “Stop”.


B. ANALISIS PROGRAM JUMBLED NUMBER

1.      Cara menampilkan welcome form

Cara membuat display form Jumbled Number :

1.      Bukalah program Visual Basic 2010.
2.      Setelah Visual Basic 2010 dibuka, maka otomatis akan muncul satu form baru yang belum berisi.
3.      Pilihlah Label pada kotak “Toolbox” dan kliklah pada ujung kiri atas form. Lalu pada “Text” ketik “WELCOME”. Pada “Font”, ubahlah ukuran dan jenis huruf sesuai dengan yang diinginkan.
4.      Untuk mengubah background form, klik form tersebut,  pada “Properties” bagian “BackgroundImage” pilihlah salah satu gambar dari folder computer sesuai dengan yang pengguna inginkan.
5.      Untuk mengubah icon, pada “Properties” bagian icon pilihlah salah satu gambar dengan ekstensi .ico.
6.      Untuk membuat button “Let’s Play”, pada “Toolbox” pilihlah Button, arahkan  dan klik kursor ke bagian ujung kanan bawah form. Pada “Properties” bagian Text ketik “Let’s Play” dan pada “Font” ubahlah ukuran dan jenis huruf sesuai dengan yang diinginkan.
7.      Untuk menjalankan form ini, masukkanlah listing yang ada di bawah ini sesuai dengan button yang telah ditentukan.


Komponen toolbox yang digunakan:
Form
Komponen
Properties
Keterangan
Form2
Form2
Name
Text
Form2
Jumbled Text

Label1
Name
Text
Label1
WELCOME

Button1
Name
Text
Button1
Let’s Play

Public Class Form2

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Me.Hide()
        Form1.Show()
    End Sub
End Class
Listing di atas berguna jika button1 diklik, maka form “Welcome” ini akan disembunyikan dan form selanjutnya (form 2) akan muncul.
 
 
2.   Cara membuat form game


 
Cara menampilkan display form Puzzles :
1.      Pada menu “Project” pilihlah Add Windows Form. Lalu, pilih Windows Form dan klik Add.
2.      Pada form2, pilihlah button pada “Toolbox” dan posisikan sesuai dengan gambar. Lakukan hal sebanyak 12 kali.
3.      Pada button1 ketik “1”, button2 ketik “2”, button3 ketik “3”, button4 ketik “4”, button5 ketik “5”, button6 ketik “6”, button7 ketik “7”, button8 ketik “8”, button10 ketik “Acak”, button11 ketik “Stop”, dan pada button12 ketik “Exit”. Khusus pada button9 kosongkan teks.
4.      Untuk mengubah background form, klik form tersebut,  pada “Properties” bagian “BackgroundImage” pilihlah salah satu gambar dari folder computer sesuai dengan yang pengguna inginkan.
5.      Untuk mengubah icon, pada “Properties” bagian icon pilihlah salah satu gambar dengan ekstensi .ico.
6.      Untuk menjalankan fungsi-fungsi setiap button, masukkanlah listing berikut sesuai dengan button yang benar.

Komponen toolbox yang digunakan:
Form 3
Form3
Name
Text
Form3
Puzzles

Button1
Name
Text
Button1
1

Button2
Name
Text
Button2
2

Button3
Name
Text
Button3
3

Button4
Name
Text
Button4
4

Button5
Name
Text
Button5
5

Button6
Name
Text
Button6
6

Button7
Name
Text
Button7
7

Button8
Name
Text
Button8
8

Button9
Name
Text
Button9
9

Button10
Name
Text
Button10
Acak

Button11
Name
Text
Button11
Stop

Button12
Name
Text
Button12
Exit

Public Class Form1
    Dim place, stp As String
    Dim acak As Integer
    Dim Second As Integer

Listing di atas berguna untuk mendeklarasikan nilai-nilai yang diinput menjadi bentuk string (String), dan bilangan bulat (Integer).

    Private Sub Button10_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button10.Click
        Timer1.enabled = True
        acak = Rnd() * 10
    End Sub

Listing diatas berfungsi untuk mengacak nomor yang ada di dalam kotak kotak button.

    Private Sub Button11_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button11.Click
        Timer1.Enabled = False
    End Sub

Listing diatas berfungsi untuk menghentikan pengacakan nomor yang sedang berlangsung.

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        If Button2.Text = "" Then
            place = Button1.Text
            Button1.Text = Button2.Text
            Button2.Text = place
        ElseIf Button4.Text = "" Then
            place = Button1.Text
            Button1.Text = Button4.Text
            Button4.Text = place
        End If
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        If Button1.Text = "" Then
            place = Button2.Text
            Button2.Text = Button1.Text
            Button1.Text = place
        ElseIf Button3.Text = "" Then
            place = Button2.Text
            Button2.Text = Button3.Text
            Button3.Text = place

        ElseIf Button5.Text = "" Then
            place = Button5.Text
            Button5.Text = Button2.Text
            Button2.Text = place
        End If
    End Sub

    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        If Button2.Text = "" Then
            place = Button3.Text
            Button3.Text = Button2.Text
            Button2.Text = place
        ElseIf Button6.Text = "" Then
            place = Button3.Text
            Button3.Text = Button6.Text
            Button6.Text = place

        End If
    End Sub

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        If Button1.Text = "" Then
            place = Button4.Text
            Button4.Text = Button1.Text
            Button1.Text = place
        ElseIf Button5.Text = "" Then
            place = Button4.Text
            Button4.Text = Button5.Text
            Button5.Text = place
        ElseIf Button7.Text = "" Then
            place = Button4.Text
            Button4.Text = Button7.Text
            Button7.Text = place

        End If
    End Sub

    Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click
        If Button2.Text = "" Then
            place = Button5.Text
            Button5.Text = Button2.Text
            Button2.Text = place
        ElseIf Button4.Text = "" Then
            place = Button5.Text
            Button5.Text = Button4.Text
            Button4.Text = place
        ElseIf Button6.Text = "" Then
            place = Button5.Text
            Button5.Text = Button6.Text
            Button6.Text = place
        ElseIf Button8.Text = "" Then
            place = Button5.Text
            Button5.Text = Button8.Text
            Button8.Text = place

        End If
    End Sub

    Private Sub Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button6.Click
        If Button3.Text = "" Then
            place = Button6.Text
            Button6.Text = Button3.Text
            Button3.Text = place
        ElseIf Button5.Text = "" Then
            place = Button6.Text
            Button6.Text = Button5.Text
            Button5.Text = place
        ElseIf Button9.Text = "" Then
            place = Button6.Text
            Button6.Text = Button9.Text
            Button9.Text = place
        End If
    End Sub

    Private Sub Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button7.Click
        If Button4.Text = "" Then
            place = Button7.Text
            Button7.Text = Button4.Text
            Button4.Text = place
        ElseIf Button8.Text = "" Then
            place = Button7.Text
            Button7.Text = Button8.Text
            Button8.Text = place
        End If
    End Sub

    Private Sub Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button8.Click
        If Button7.Text = "" Then
            place = Button8.Text
            Button8.Text = Button7.Text
            Button7.Text = place
        ElseIf Button5.Text = "" Then
            place = Button8.Text
            Button8.Text = Button5.Text
            Button5.Text = place
        ElseIf Button9.Text = "" Then
            place = Button8.Text
            Button8.Text = Button9.Text
            Button9.Text = place
        End If
    End Sub

    Private Sub Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button9.Click
        If Button6.Text = "" Then
            place = Button9.Text
            Button9.Text = Button6.Text
            Button6.Text = place
        ElseIf Button8.Text = "" Then
            place = Button9.Text
            Button9.Text = Button8.Text
            Button8.Text = place
 If Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2" And Button3.Text = "3" And Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5" And Button6.Text = "6" And Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8" Then
            MessageBox.Show("Congrulation")

            End If
Listing di atas (Button9) berguna jika button-button yang lain telah sesuai dengan urutan teks yang ada (1-8), maka akan muncul messagebox yang mengatakan "Congrulation".
        End If
    End Sub

    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        place = Button9.Text
        Button9.Text = Button4.Text
        Button4.Text = place

        place = Button9.Text
        Button9.Text = Button3.Text
        Button3.Text = place

        place = Button2.Text
        Button2.Text = Button7.Text
        Button7.Text = place

        place = Button2.Text
        Button2.Text = Button6.Text
        Button6.Text = place

        place = Button3.Text
        Button3.Text = Button8.Text
        Button8.Text = place

        place = Button3.Text
        Button3.Text = Button1.Text
        Button1.Text = place

        place = Button5.Text
        Button5.Text = Button8.Text
        Button8.Text = place

        place = Button5.Text
        Button5.Text = Button7.Text
        Button7.Text = place

        place = Button6.Text
        Button6.Text = Button1.Text
        Button1.Text = place

    End Sub

Listing diatas berfungsi untuk memfungsikan button1 – button 9 supaya dapat berpindah ketika di ‘klik’ sesuai yang diinginkan.
  Private Sub Button12_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button12.Click
        Response = MsgBox("Do you want to Exit?", vbYesNo, "Exit")
        If Response = vbYes Then
            Me.Hide()
        Else 'do nothing
        End If
    End Sub

Listing diatas berfungsi untuk memunculkan message box “do you want to exit?” ketika mengeklik “exit”. dan jika pengguna mengklik "Yes", maka aplikasi akan ditutup. namun, jika pengguna mengklik "No", maka aplikasi tidak akan tertutup dan pengguna dapat bermain kembali.

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub
End Class

C. Flowchart

0 Response to "Konsep, Analisis, dan Flowchart Aplikasi Jumbled Number"

Posting Komentar