Konsep Program Mengenal Bentuk dan Warna



APLIKASI MENGENAL BENTUK DAN WARNA



                       
Aplikasi ini mengenalkan bentuk dua dimensi beserta beberapa warna. Pada aplikasi ini, pengguna akan memilih salah satu dari tiga pilihan bentuk dan dipadankan dengan salah satu warna pilihan pengguna dari tujuh pilihan yang diberikan. Aplikasi ini juga untuk mengasah kemampuan creator dalam menggunakan satu bentuk benda untuk menampilkan beberapa pilihan warna yang telah dipilih. Aplikasi juga ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak umur sekitar 3-5 tahun.

Aplikasi ini terdiri dari 6 form. Form 1 berguna untuk menampilkan nama aplikasi beserta memulai proses pembelajaran. Untuk memulai proses program, klik “Mulai”.
Form 2 berguna untuk menampilkan menu pilihan bentuk dan warna yang tersedia.  Pada label “Bentuk” terdapat pilihan “Lingkaran”, “Persegi”, dan “Persegi panjang”. Pada label warna terdapat pilihan warna “Merah”, “Hijau”, “Kuning”, “Biru”, “Pink”, “Ungu”, dan “Jingga”. Kedua menu ini dapat dikombinasikan sesuai dengan keinginan. Pilih salah satu bentuk maupun warna yang diinginkan, jika ingin melihat hasilnya, klik “LIHAT!” maka hasilnya akan muncul di form 3, form 4, maupun form 5.
Form 3 menampilkan form lingkaran beserta warna yang telah dipilih oleh pemakai. Jika telah selesai melihat hasil, klik “Back” untuk kembali ke form 2 memilih bentuk maupun warna lain yang ingin dilihat.
Form 4 menampilkan form persegi beserta warna yang telah dipilih oleh pemakai. Jika telah selesai melihat hasil, klik “Back” untuk kembali ke form 2 memilih bentuk maupun warna lain yang ingin dilihat.
Form 5 menampilkan form persegi panjang beserta warna yang telah dipilih oleh pemakai. Jika telah selesai melihat hasil, klik “Back” untuk kembali ke form 2 memilih bentuk maupun warna lain yang ingin dilihat.
Jika telah selesai menggunakan aplikasi ini, klik “EXIT” pada form dua, maka akan muncul form 6 yang menanyakan “Apakah kamu yakin keluar?” Jika Ya, maka klik “Ya” dan program berakhir. Jika memilih untuk mengklik “Tidak”, maka program akan kembali ke form 2.         
Demikianlah konsep langkah-langkah menggunakan aplikasi Mengenal Bentuk dan Warna.



0 Response to "Konsep Program Mengenal Bentuk dan Warna"

Posting Komentar